Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL AKTUALISASI GENERASI EMAS PENDIDIKAN DASAR YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER DALAM MENJAWAB TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN MENYONGSONG 5.0
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif pembelajaran tipe Teams Games Tournament terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan kemampuan pemahaman konsep matematika. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling (acak) dengan mengambil dua kelas yang ada secara acak, dimana kelas VIII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen (Posstest Only Control Group Design). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, kemudian data dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis data persentase nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen sebesar 46,65 sedangkan kelas kontrol sebesar 30,83. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru hendaknya menjadikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sebagai salah satu alternatif dalam menetapkan model pembelajaran yang akan digunakan
dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Kemampuan Pemahaman Konsep, Konvensional
RF003690 | Perpustakaan Pusat Unitas (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Tidak tersedia versi lain