Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL AKTUALISASI GENERASI EMAS PENDIDIKAN DASAR YANG UNGGUL DAN BERKARAKTER DALAM MENJAWAB TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN MENYONGSONG 5.0
ABSTRAK
Banyak model kooperatif yang digunakan dalam mengatasi permasalahan proses
pembelajaran yaitu salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah
model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini mempunyai tujuan
untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya
pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think
Pair Share (TPS) pada materi bangun datar trapesium di kelas VII. Penggunaan
metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu katagori One Shot case
study. Subjek penelitian adalah siswa SMP Tamansiswa Sungai Buah Palembang
sebanyak 28 siswa. Tes hasil belajar merupakan teknik pengumpulan data yang
digunakan. Berdasarkan hasil analisis data tes didapat kesimpulan bahwa ratarata hasil belajar siswa kelas VII sebesar 78,80. Hasil tes tersebut termasuk
katagori baik setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran matematika
materi bangun datar trapesium.
Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar
RF003689 | Perpustakaan Pusat Unitas (Referensi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Tidak tersedia versi lain