Text
ANALISA DAYA DUKUNG TANAH PADA KONSTRUKSI JALAN KERETA API (STUDY KASUS JALUR X5-TANJUNG RAMBANG)
Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi terbesar untuk angkutan penumpang dan barang, khususnya batubara di Sumatera Selatan. Semakin maju teknologi serta semakin tinggi tingkat persaingan antar moda transportasi. Maka PT. Kereta Api Indonesia (Persero) harus meningkatkan pelayanan yang lebih baik, untuk memenuhi harapan pelanggan dan stakeholder. Jalur jalan kereta api di sejumlah titik rawan akan longsor/ ambles. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan gangguan perjalanan kereta api bahkan kecelakaan yang mengancam keselamatan para penumpang kereta api. Kerusakan pada tubuh jalan kereta api merupakan kerusakan secara makro, dalam ukuran yang lebih besar, antara lain berupa amblesan (bearing failure) atau longsornya (sliding) jalan rel. Kerusakan subgrade sering terjadi berupa kerusakan secara parsial dalam skala kecil/mikro. Kerusakan pada tanah dapat berupa kekeliruan penggunaan tanah timbunan, atau tanah asli yg tidak baik. Oleh karena itu tanah yang digunakan sebagai subgrade harus dipilih tanah yang memenuhi sifat sifat tanah yg memenuhi persyaratan.
SK00000140 | 334 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi Teknik) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain