Text
IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NOMOR 57 TAHUN 2014 TENTANG KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 243 PALEMBANG
Permendikbud No 57 Tahun 2014 menyatakan bahwa kurikulum pada SD yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013/2014 disebut Kurikulum 2013. Sasaran pembelajaran dalam kurikulum 2013 mencakup pengembangan ramah, pengetahuan, dan keterampilan yang dikolaborasi untuk satuan pendidikan (Permendikbud No 57 tahun 2013). Permendikbud No 57 tahun 2014 mencakup: Kerangka dasar, struktur Kurikulum, silabus, Rancangan Perencanaan pembelajaran. Keempat komponen tersebut merupakan rumusan masalah yang penulis angkat dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketercapaian Implementasi Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 di SD Negeri 243 Palembang. Selain itu yang menjadi fokus adalah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Di SD Negeri 243 Palembang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dimana penulis berusaha untuk memahami masalah berdasarkan fakta tentang kenyataan yang berada di lokasi penelitian. Kemudian dilakukan penelitian agar dapat diperoleh gambaran yang jelas dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Dari uraian diatas ditentukan beberapa permasalahan Bagaimana Implementasi Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 di SD Negeri 243 Palembang? Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Di SD Negeri 243 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa Implementasi Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 di SD Negeri 243 Palembang adalah berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam Permendikbud No 57 Tahun 2014. Dalam hal lain masih adanya kendala yaitu proses penyusunan RPP yaitu dimana sebagian guru belum mampu menyusun dan melaksanakan semua format RPP yang sesuai dengan Permendikbud No 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 seperti dalam proses pembelajaran komponen pembelajaran dan penilaian . Faktor pendukung dan penghambat , faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu perhatian pemerintah secara khusus difokuskan untuk penerapan kurikulum 2013 dengan mengadakan pelatihan kepada guru , dengan mengadakan pelatihan kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 , adanya aturan yang dibentuk dalam Permendikbud No 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD Negeri 243 Palembang dan terjalinnya kerja sama baik antara guru dalam menerapkan kurikulum 2013, kelengkapan sarana dan prasarana. Faktor penghambat yaitu administrasi guru terlalu banyak, sistem penilaian yang menyulitkan , format rapot , beban belajar yang tidak seimbang, kekurangan waktu dalam melaksanakan seluruh rangkaian yang terdapat dalam format penilaian.
SK00000134 | 323 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi Ilmu Sosial dan Politik) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain