Text
PENINJAUAN PEMBUATAN JALAN TPU GANDUS YANG DIKELOLA OLEH DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KOTA PALEMBANG
Perkerasan jalan adalah salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting guna kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, serta sangat diperlukan perencanaan yang sangat baik agar sesuai dengan standar dan kriteria yang berlaku di Indonesia. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian dibandingkan dengan transportasi air dan udara, sehingga volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut harus mampu didukung oleh perkerasan jalan pada ruas jalan yang dilewatinya. Adapun jenis perkerasan jalan yaitu Perkerasan lentur (flexible pavement), Perkerasan kaku (rigid pavement), dan Perkerasan Komposit, yang menggabungkan perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Khusus untuk perkerasan kaku (rigid pavement) yang terbuat dari beton semen baik bertulang maupun tanpa tulangan dan lebih banyak digunakan pada ruas jalan yang mempunyai volume kendaraan berat yang tinggi serta sering mengalami banjir. - Dengan telah dikembangkannya Perkerasan kaku (rigid pavement) untuk pembangunan prasarana jalan di daerah perkotaan maupun di pedesaan, maka pemerintah terus menggalakkan pembangunannya baik pada ruas jalan Negara, Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten manpun Jalan Desa Ataupun Lingkungan, mengingat perkerasan jalan ini lebih mampu mendukung beban kendaraan berat serta tahan terhadap genangan air. Dalam hal meningkatkan pelayanan pemakaman terhadap masyarakat, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palembang melakukan perencanaan pembuatan jalan. Salah satunya adalah proyek Pembuatan Jalan TPU Gandus guna mewujudkan pelayanan pemakaman yang simpatik dan pola penyelenggaraan pemakaman dengan panorama hijau, indah, tertib dan berwawasan lingkungan yang mempunyai multiplier efek. Oleh karena itu dalam merencanakan suatu konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement) diperlukan penelitian yang kompleks dan spesifik sehingga akan diperoleh perencanaan tebal perkerasan beton semen serta tulangan berupa Dowel dan Tie Bar yang mampu mendukung beban yang melintasi ruas jalan tersebut serta besarnya biaya yang digunakan.
SK00000131 | 623 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi Teknik) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain