Text
PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA TINGKAT SMP,SMA DAN SMK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ARINDA PALEMBANG
Penelitian ini mengkaji bagaimana peranan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah siswa SMP, SMA dan SMK pada Lembaga Pendidikan Arinda. Pelaksanaan penelitian ini selama 6 (enam) bulan termasuk didalamnya merancang, melaksanakan dan melaporkan hasil penelitian. Implementasi strategi pemasaran dengan bauran pemasaran 7P, Lembaga Pendidikan Arinda Palembang telah menjalankan dengan baik. Terutama 6 elemen yakni Product, Price, Place, People, Physical Evidence dan Process. Hanya pada elemen Promotion yang belum/ kurang maksimal dijalankan. Implementasi 5 bauran promosi, Lembaga Pendidikan Arinda Palembang tidak menjalankan dengan baik. Promosi melalui sales promotion (promosi penjualan) dan publicity (hubungan masyarakat) sama sekali tidak dijalankan. Hanya memanfaatkan promosi melalui advertising (periklanan), personal selling (penjualan perorangan) dan direct marketing (pemasaran langsung). Promosi melalui advertising (periklanan) tidak maksimal dijalankan. Dari 6 media yang bisa dimanfaatkan, Lembaga Pendidikan Arinda Palembang hanya menggunakan 2 media yakni: media cetak dan media daring. Sedangkan 4 media lainnya tidak digunakan yaitu : media penyiaran, media luar ruang, media khusus dan media bergerak. Promosi melalui personal selling (penjualan perorangan) kurang maksimal dijalankan. Lembaga Pendidikan Arinda Palembang hanya menjalankan promosi melalui retail selling, namun tidak secara khusus, hanya petugas administrasi yang merangkap customer service / sales counter. Dua cara lainnya seperti field selling dan executive selling sama sekali tidak dijalankan. Promosi melalui direct marketing (pemasaran langsung) juga kurang maksimal dijalankan. Lembaga Pendidikan Arinda Palembang hanya memanfaatkan media website. Media lainnya seperti surat, email, telepon dan katalog tidak dimanfaatkan dengan baik.
SK0000065 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain