Text
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEJUALAN PRODUK PADA PT. CIPTA NIAGA SEMESTA PALEMBANG
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
pada PT. Cipta Niaga semesta Palembang dengan menggunakan bauran pemasaran
atau marketing mix. Data yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 2016-2020,
hasil penelitian ditemukan beberapa strategi pemasaran di PT. Cipta Niaga semesta
Palembang yaitu strategi pemasaran dibidang promosi. Pelaksanaan periklanan yaitu
menggunakan iklan di televisi, youtube, dan bagi-bagi browsur, pelaksanaan personal
selling yaitu dengan cara menawarkan produk ke pasar-pasar tradisional, toko-toko,
dan outlet-outlet, pelaksanaan promosi penjualan yaitu dengan cara SPG/B mejual ke
warung kecil, warung kopi dan masyarakat setempat serta membawa hadiah,
pelaksanaan publikas yakni menjadi sponsor dalam acara-acara tertentu dan
pelaksanaan hubungan masyarakat yakni dengan cara melakhkan sampling. Strategi
promosi yang dilakukan PT Cipta Niaga semesta Palembang sudah lumayan efektif
yakni menerapkan strategi periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas
dan juga hubungan masyarakat. Hanya saja tidak semua strategi promosi berjalan
dengan lancar seperti personal selling, dan promosi penjualan. Hal-hal tersebut
berdampak langsung terhadap penjualan. Untuk itu penulis memberi saran perusahaan
harus lebih memperhatikan alat untuk meningkatkan penjualan maka pelaksanaan
personal selling sebaiknya para tenaga kerja atau sales diberi training atau latihan
khusus yang terprogram, dan pada pelaksanaan promosi penjualan perusahaan
hendaknya mulai mencari cara-cara baru yang lebih mudah dan efektif dalam
membujuk calon pelanggan serta ditingkatkan dan diperpanjang lagi masa periode
pemberian hadiah.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran (marketing mix), Periklanan, Personal Selling,
Promosi Penjualan, Publisitas, dan Hubungan masyarakat.
SK0000038 | Perpustakaan Pusat Unitas (HUKUM) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain