Text
KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN ILIR DI MASA PANDEMI COVID-19
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OI mengalami kedala yang sama yaitu
dalam hal kinerja, dimana pegawai dipaksa untuk mengikuti protokol Kesehatan
dengan aturan yang ketat, namun tetap dipaksa memaksimalkan pelayanan kepada
masyarakat. Untuk melihat hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian berjudul “Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Ogan Ilir Ditengah Pandemi Corona. Adapun jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Dari
hasil penelitian yang sudah dilakukan mengenai Kinerja Pegawai Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir Ditengah Pandemi
Corona maka dapat disimpulkan bahwa dari indikator Quantity of work atau
Jumlah kerja yang dilakukan cukup banyak, akan tetapi dalam penyelesainnya tidak
maksimal karena dibatasi situasi covid-19 yang membatasi kerumunan. Dari
Quality of work atau Kualitas kerja pegawai Capil sudah cukup baik hal ini karena
dari sisi pendidikan dan pengalaman pegawai dalam bekerja, dari sisi pendidikan
saat ini para pegawai Capil juga sebagian sudah melanjutkan pendidikan strata satu
(S1) maupun strata dua (S2). Untuk Job Knowledge atau Pengetahuan pegawai
yaitu pegawai memiliki kemampuan untuk mengerjakan dan menyelesaikan berkas
dalam proses pembuatan KK, KTP dll. Sedangkan creativeness atau kreatitiviats
dengan kemajuan zaman saat ini dimana sudah banyak perubahan dan tuntutan
pelayanan yang cepat belum lagi dalam situasi corona, hal ini bisa dicontohkan
dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi dan sarana teknologi berbasi IT
lainnya. Adapun faktor Pendukung yaitu kualitas sumber daya pegawai yang sudah
berpengalaman, terlatih dan ditunjang oleh pendidikan yang memadai, rata-rata
sudah strata satu dan dua. Kemudian di dukung oleh kemampuan kerjasama tim
yang sudah terbentuk melalui pengalaman yang dilalui bersama. Sedangkan faktor
pengambat yaitu meningkatnya kebutuhan administrasi kependudukan kemudian
juga permasalahan di tengah pandemic corona, membuat kekeruangan pegawai,
karena Sebagian harus WFH belum lagi sebagian pegawai juga dilibatkan dalam
penanganan kasus covid-19 sebagai relawan covid.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai, DISDUCAPIL Kabupaten Ogan Ilir
SK0000011 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi ISIPOL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain