Text
PERANAN STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TRANS RETAIL INDONESIA
REKI DWI JAYA, “PERANAN STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. TRANS RETAIL INDONESIA”.
Di bawah bimbingan Ibu Desfitrina, SE, M.Si. dan bapak Aliming Bassi, SE, M.Si
PT.Trans Retail Indonesia juga disebut ritel, adalah perusahaan yang
melakukan aktivitas penjualan secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan
pribadi dan bukan bisnis. Pada umumnya setiap perusahaan yang didirikan baik
perusahaan besar maupun perusahaan kecil tentu mempunyai tujuan yang ingin
dicapai, meskipun tujuan tersebut sering kali berbeda akan tetapi tujuan akhir
biasanya adalah sama yaitu volume penjualan yang tinggi serta persentase
penguasaan pasar yang unggul.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan strategi
pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Trans Retail Indonesia.
Berdasarkan pengamatan dan informasi yang berhasil penulis kumpulkan,
dapat dikemukakan permasalahan di bidang pemasaran, yaitu : Bagaimana peranan
strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Trans Retail
Indonesia.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi dengan mempelajari
literatur-literatur, membaca buku, laporan-laporan yang ada hubungannya dengan
penelitian ini dan metode dengan menggunakan riset lapangan pada sumber yang
diteliti, antara lain wawancara kepada staf dan karyawan bagian bersangkutan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa volume penjualan yang
dilakukan oleh perusahaan selama beberapa tahun mengalami penurunan atau tidak
pernah mencapai target sebagaimana yang telah ditetapkan. Dalam aktivitas
pemasarannya PT. Trans Retail Indonesia belum menyadari betapa pentingnya
strategi promosi terhadap produk yang dipasarkan sehingga dapat dikenal oleh
konsumen secara merata.
Untuk meningkatkan volume penjualan sebaiknya PT. Trans Retail Indonesia
mengadakan kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah dan swasta dan
menambah tenaga salesman yang telah ada sekarang misalnya, untuk satu wilayah
penjualan minimal dilayani oleh tiga orang marketing, serta secara rutin memantau
kondisi pasar.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
SK0000010 | Perpustakaan Pusat Unitas (Skripsi Ekonomi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain